Koeman: Barcelona Tidak Lebih Baik Ditangani Xavi

By ommed


nusakini.com - Mantan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menyampaikan sebuah pernyataan yang menarik bahwa Azulgrana tidak menjadi lebih baik setelah ditangani Xavi Hernandez.

Koeman membela masa jabatannya sebagai pelatih Barcelona dengan menyebut dirinya tidak pernah mendapat dukungan yang memadai dari dewan petinggi klub.


Pelatih asal Belanda itu dipecat pada Oktober setelah kurang dari 18 bulan melatih Barcelona dengan klub berada di peringkat kesembilan di klasemen sementara dan enam poin di belakang Real Madrid.

Koeman hanya bisa membawa Barca ke posisi ketiga dalam satu-satunya musim penuhnya sebagai pelatih sebelum dipecat setelah hanya mengumpulkan 15 poin dari sepuluh pertandingan pertama pada musim 2021/22.

Xavi kemudian dikonfirmasi sebagai pengganti pada bulan berikutnya dan membawa klub ke urutan kedua di klasemen sementara, namun saat ini tertinggal 15 poin di belakang Los Blancos.

"Tentu, mereka telah meningkat dalam beberapa hal. Mereka telah mendatangkan tiga striker atau tiga pemain yang bisa bermain di depan," ujar Koeman dalam sebuah konferensi pers.

"Tidak baik untuk membandingkan. Ketika saya pergi, Barcelona berjarak delapan poin dan sekarang hampir dua kali lipat."

"Tugas Xavi sama rumitnya dengan saya. Inilah realitas Barcelona saat ini. Perlu waktu untuk kembali seperti semula dan, oleh karena itu, saya meminta ketenangan pikiran dan tidak berpikir bahwa kami belum memenangkan gelar. Kami harus berpikir jangka panjang, percaya dan mendukung pelatih." (gi/om)